Tugas Individi
Pengkaitan Teori Belajar Piaget, Gagne,
Dan Bandura Dengan Tindakan Mahasiswa Terhadap Postingan Dosen
Pertanyaan
"Mengapa mahasiswa psikologi USU
yang mengambil mata kuliah psikologi belajar TA 2012/2013 semester ganjil
sebahagian besar tidak memberikan tanggapan di grup sehubungan dengan rencana
melakukan observasi di lapangan?"
Teori
Belajar Piaget
Menurut Piaget, untuk memahami
gagasan tentang belajar yang memadai, kita pertama-tama harus menjelaskan
bagaimana individu bisa mengonstruksi dan menciptakan, bukan hanya bagaimana
dia mengulangi dan meniru. Pada proses penalaran Piaget, mahasiswa (di atas
usia 14 tahun) berada pada tahap periode operasional formal. Yaitu kapabilitas
untuk secara logis menangani situasi multifaktor mulai muncul. Individu dapat
mendeduksi berbagai kemungkinan dan secara sistematis mengesampingkannya.
Penalaran bergerak dari situasi hipotesis ke konkret.
Jika tahap ini dikaitkan dengan
kejadian mahasiswa yang mengambil makul psikologi belajar yang tidak mengkomen
postingan Bu Dina, maka dapat dilihat dari banyaknya situasi multifaktor yang mereka
hadapi. Pada saat mereka sedang melihat postingan bu dina, mereka juga sedang
menghadapi situasi lain yang lebih deadline dan harus siap pada saat itu juga. Sehingga
mereka mengesampingkan satu stimulus, yaitu postingan dari Bu Dina. Atau karena
dia sedang fokus dalam suatu hal yang harus diselesaikan dengan segera dan
memutuskan untuk tidak membuka facebook dalam beberapa hari, sehingga ia tidak
melihat postingan dari Bu Dina. Hal-hal inilah yang menyebabkan sebagian
mahasiswa tidak mengkomen postingan bu Dina, yaitu situasi multifaktor yang
sedang mereka hadapi.
Teori
Belajar Gagne
Menurut Gagne, belajar merupakan
seperangkat proses yang bersifat internal bagi setiap individu sebagai hasil
transformasi rangsangan yang berasal dari peristiwa eksternal di lingkungan individu
yang bersangkutan (kondisi).
Jika dikaitkan dengan kejadian
mahasiswa yang mengambil makul psikologi belajar yang tidak mengkomen postingan
Bu Dina, maka dapat dilihat baik secara internal maupun eksternal. Secara
internal, mungkin mahasiswa tidak memiliki motivasi atau tidak peduli dalam
mengkomen postingan Bu Dina. Sedangkan secara eksternal, mungkin mereka pada
saat itu tidak memiliki media yang dapat membantu dalam proses pembelajaran.
Kemungkinan pada saat itu, laptop mereka sedang rusak, sedang tidak memiliki pulsa
modem, atau media lain yang membuat tidak bisa membuka facebook dalam beberapa
hari. Kemungkinan lainnya adalah pada saat itu dia sedang sakit sehingga tidak
membuka facebook. Hal-hal inilah yang
membuat mereka tidak mengkomen postingan Bu Dina secara eksternal.
Teori
Belajar Bandura
Menurut Bandura, fungsi utama
dari pikiran adalah memungkinkan orang untuk memprediksi kejadian dan
mengembangkan cara untuk mengontrol kejadian yang memengaruhi hidup mereka.
Teori ini mengidentifikasi beberapa faktor sosial dan kognitif yang memengaruhi
belajar. Termasuk di dalamnya adalah kapabilitas menggunakan simbol dan
melakukan tindakan yang diniatkan dan bertujuan. Juga termasuk dalam teori ini
adalah pengaruh media terhadap nilai, sikap, dan gaya perilaku pemirsa.
Jika dikaitkan dengan kejadian
mahasiswa yang mengambil makul psikologi belajar yang tidak mengkomen postingan
Bu Dina, mungkin sebagian mahasiwa berpikir postingan tersebut hanya berita
sekilas saja yang hanya menyapa siswanya yang sedang menghadapi UTS sehingga
mahasiswa tersebut mengabaikan postingan Bu Dina dan tidak membacanya secara
keseluruhan. Dan mungkin ditambah lagi
dengan pembelajaran imitatif. Dimana tidak banyak mahasiswa yang mengkomen
sehingga ia ikut mengabaikan postingan tersebut.
0 komentar:
Posting Komentar