Tugas Individu


HASIL OBSERVASI PADA SEKOLAH TRITECH

   1.     Nama Observer               : Sri Rahmi W Hrp
  NIM                               : 091301053
   2.    Kelas                               : X TKJ 1 Executive
   3.    Mata pelajaran                : Alur Proses Produk Multimedia
  Nama guru                        : Afdal Syukri
   4.    Waktu mengobservasi       : 11.55  – 12.20 WIB
   Durasi                             : 25 menit
   5.    Jumlah siswa                    : 23 orang
   6.    Media Pembelajarn Guru   : laptop yang disambungkan ke LCD dan whiteboard
   7.    Media Pembelajaran Siswa : laptop
   8.    Situasi Fisik Kelas           :
a. Ukuran kelas                  : 9 x 6 1/3 keramik ukuran ± 80x80 cm
b. Jumlah kursi dan meja    : 24 buah
c. TV                                : 1 buah
d. Whiteboard                  : 1 buah
e. Mading                         : 2 buah
f. Jam dinding                  : 1 buah
g. Lemari kecil                  : 1 buah
h. AC dan Kipas                : 1 buah
i. setiap sisi dinding ditempelin banyak poster.

   9.    Alat Observasi :     -    Pulpen
                                     -          Buku tulis

  A.  Panduan melakukan observasi

Kaitan antara tahapan Belajar dengan Peristiwa Pembelajaran

Deskripsi
Tahapan Belajar
Kegiatan Pembelajaran
Hasil Oservasi
Persiap dan belajar 
an  Mengarahkan perhatian
Menarik perhatian siswa dengan menggunakan kejadian tidak seperti biasanya, pertanyaan atau perubahan-perubahan stimulus
Hasil observasi di kelas terlihat bahwa guru telah menarik perhatian siswa dengan cara menunjukkan background-background menarik di layar LCD  kepada para siswa dan juga   sering mengatakan “Coba perhatikan!!!” sehingga para siswa secara langsung memperhatikan hal-hal yang dijelaskan.
Guru juga terkadang menggunakan whiteboard untuk menarik perhatian siswa.
     Ekspektasi
Memberitahu tujuan belajar kepada pemelajar
Guru juga menjelaskan tujuannya, bahwa pembelajaran ini merupakan dasar pembelajaran yang dapat memudahkan siswa ke tahap selanjutnya jika telah menguasainya.
            Retrieval (pengambilan informasi dan/atau keterampilan yang relevan) untuk dimasukkan ke ingatan kerja
Merangsang ingatan atas belajar yang telah dipelajari sebelumnya.
Guru juga mengingatkan pembelajaran sebelumnya, yaitu bagaimana cara menggunakan logika. Dan juga cara menyatukan warna background dan tulisan kepada siswa.
Akuisisi dan kinerja
        Perspektif selektif atas ciri stimulus
Menyajikan stimulus dengan ciri yang berbeda
Guru juga menyajikan stimulus yang berbeda, seperti aneka ragam background menarik kepada siswa.
       Penyandian semnatik
Memberikan bimbingan belajar
Guru mengajarkan dari tahap awal, mulai dari animasi, background, dll, hingga tahap akhir.
        Retrieval dan respons
Memunculkan kinerja
Sayangnya guru tidak menyuruh siswa untuk memperaktekannya secara langsung di kelas. Padahal setiap siswa sudah membuka laptop. Jadi media tersebut kurang digunakan. Siswa hanya disuruh memperhatikan dan melaksanakan tugasnya di rumah. Sehingga kinerja mereka di kelas masih kurang. Hanya sebagain siswa yang penasaran yang mencobanya.
        Penguatan
Memberikan balikan informatif
Penguatan yang diberikan guru adalah bahwa pembelajran ini akan berpengaruh ke tahap selanjutnya yaitu pada saat penggunaan coreldraw atau photoshop.
Transfer belajar
        Pemberian petunjuk retrieval
Menilai perbuatan/kinerja
Guru meminta siswa untuk mengumpulkan hasil tugas mereka ke email. Batas pengerjaan tugas 1 minggu. Bagi siswa yang tidak mengerjakan akan mengurangi nilai ujian mereka.
        Generalisasi
Memunculkan kinerja dengan contoh baru
Untuk saat ini, siswa belum mengeneralisasi pembelajarannya. Tapi pada tahap selanjutnya mereka akan mengeneralisasikannya ke situasi baru yaitu pada penggunaan photoshop.

Jika dilihat secara keseluruhan pada sembilan tahapan belajar dari Gagne, hasil observasi menunjukkan bahwa guru tersebut secara keseluruhan telah menggunakan tahapan Gagne. Hanya saja guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk langsung memperaktekannya di kelas, sehingga media belajar yang dimiliki siswa kurang berguna dalam proses pembelajaran.

  B.  Proses melakukan observasi
Langkah- langkah utama dalam analisis tugas
Langkah
Deskripsi
1.  Mengumpulkan informasi awal
Awalnya saya membaca teori belajar Gagne pada bab 5.
2.  Mengidentifikasi representasi pengetahuan
Kemudian mengidentifikasi subteori yang cocok saya gunakan pada saat observasi.
3.  Mengimplementasikan teknik untuk memunculkan pengetahuan
Kemudian membuat pedoman observasi sesuai dengan teori yang saya gunakan. Pedoman ini berguna untuk membantu mendapatkan pengetahuan tentang  sistem pembelajaran di kelas yang akan diobservasi
4.  Menganalisis dan memverifikasi data
Kemudian menganalisis teori apakah sesuai dengan data yang didapat melalui observasi
5.  Memformat hasil untuk digunakan
Kemudian membuat format hasil observasi  yang dapat digunakan untuk mengetahui apakah sistem pembelajaran di kelas tersebut sesuai dengan teori pembelajran   Gagne.


Testimoni
Terjun langsung ke lapangan untuk mengobservasi proses belajar mengajar pada Sekolah Tritech merupakan pengalaman yang menarik bagi saya. Dari sini saya dapat melihat keaktifan bertanya siswa dan kemajuan alat yang digunakan pada proses belajar mengajar. Hanya saja alat-alat tersebut masih kurang berfungsi secara baik. Contohnya saja, siswa tidak langsung mempraktekan pelajaran mereka pada laptop yang  sudah tersedia di depan mereka. Laptop tersebut  dibiarkan menganggur begitu saja. Tapi sayang, saya tidak mengobservasi dari awal mulainya pembelajaran.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

2 komentar:

Sri Rahmi mengatakan...

udah d perbaikin...

Chairuna Syahputri Nst mengatakan...

weleeh...
binguuung...