Tugas Individu
HASIL OBSERVASI PADA SEKOLAH TRITECH
1. Nama
Observer
: Sri Rahmi W Hrp
NIM
:
091301053
2. Kelas
: X TKJ 1 Executive
3. Mata
pelajaran
: Alur Proses Produk Multimedia
Nama guru
: Afdal Syukri
4. Waktu mengobservasi :
11.55 – 12.20 WIB
Durasi
: 25 menit
5. Jumlah siswa
: 23 orang
6. Media Pembelajarn Guru : laptop
yang disambungkan ke LCD dan whiteboard
7. Media Pembelajaran Siswa : laptop
8. Situasi Fisik
Kelas :
a. Ukuran kelas
: 9 x 6 1/3 keramik ukuran ± 80x80 cm
b. Jumlah kursi dan meja : 24
buah
c. TV
: 1
buah
d. Whiteboard
: 1 buah
e.
Mading
: 2 buah
f. Jam dinding
: 1 buah
g. Lemari kecil
: 1 buah
h. AC dan
Kipas
: 1 buah
i. setiap sisi dinding ditempelin banyak
poster.
9. Alat Observasi :
- Pulpen
- Buku tulis
A. Panduan melakukan observasi
Kaitan antara tahapan Belajar dengan
Peristiwa Pembelajaran
Deskripsi
|
Tahapan Belajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Hasil Oservasi
|
Persiap dan
belajar
|
an Mengarahkan perhatian
|
Menarik
perhatian siswa dengan menggunakan kejadian tidak seperti biasanya,
pertanyaan atau perubahan-perubahan stimulus
|
Hasil
observasi di kelas terlihat bahwa guru telah menarik perhatian siswa dengan
cara menunjukkan background-background menarik di layar LCD kepada para
siswa dan juga sering mengatakan “Coba perhatikan!!!” sehingga
para siswa secara langsung memperhatikan hal-hal yang dijelaskan.
Guru juga terkadang
menggunakan whiteboard untuk menarik perhatian siswa.
|
Ekspektasi
|
Memberitahu
tujuan belajar kepada pemelajar
|
Guru juga
menjelaskan tujuannya, bahwa pembelajaran ini merupakan dasar pembelajaran
yang dapat memudahkan siswa ke tahap selanjutnya jika telah menguasainya.
| |
Retrieval (pengambilan informasi dan/atau
keterampilan yang relevan) untuk dimasukkan ke ingatan kerja
|
Merangsang
ingatan atas belajar yang telah dipelajari sebelumnya.
|
Guru juga
mengingatkan pembelajaran sebelumnya, yaitu bagaimana cara menggunakan
logika. Dan juga cara menyatukan warna background dan tulisan kepada siswa.
|
|
Akuisisi dan
kinerja
|
Perspektif selektif atas ciri stimulus
|
Menyajikan
stimulus dengan ciri yang berbeda
|
Guru juga
menyajikan stimulus yang berbeda, seperti aneka ragam background menarik
kepada siswa.
|
Penyandian semnatik
|
Memberikan
bimbingan belajar
|
Guru
mengajarkan dari tahap awal, mulai dari animasi, background, dll, hingga
tahap akhir.
|
|
Retrieval dan respons
|
Memunculkan
kinerja
|
Sayangnya
guru tidak menyuruh siswa untuk memperaktekannya secara langsung di kelas.
Padahal setiap siswa sudah membuka laptop. Jadi media tersebut kurang
digunakan. Siswa hanya disuruh memperhatikan dan melaksanakan tugasnya di
rumah. Sehingga kinerja mereka di kelas masih kurang. Hanya sebagain siswa
yang penasaran yang mencobanya.
|
|
Penguatan
|
Memberikan
balikan informatif
|
Penguatan
yang diberikan guru adalah bahwa pembelajran ini akan berpengaruh ke tahap
selanjutnya yaitu pada saat penggunaan coreldraw atau photoshop.
|
|
Transfer
belajar
|
Pemberian petunjuk retrieval
|
Menilai
perbuatan/kinerja
|
Guru meminta
siswa untuk mengumpulkan hasil tugas mereka ke email. Batas pengerjaan tugas
1 minggu. Bagi siswa yang tidak mengerjakan akan mengurangi nilai ujian
mereka.
|
Generalisasi
|
Memunculkan
kinerja dengan contoh baru
|
Untuk saat
ini, siswa belum mengeneralisasi pembelajarannya. Tapi pada tahap selanjutnya
mereka akan mengeneralisasikannya ke situasi baru yaitu pada penggunaan
photoshop.
|
Jika dilihat secara keseluruhan pada sembilan tahapan belajar dari Gagne, hasil observasi menunjukkan bahwa guru tersebut secara keseluruhan telah menggunakan tahapan Gagne. Hanya saja guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk langsung memperaktekannya di kelas, sehingga media belajar yang dimiliki siswa kurang berguna dalam proses pembelajaran.
B. Proses melakukan observasi
Langkah- langkah utama dalam analisis
tugas
Langkah
|
Deskripsi
|
1. Mengumpulkan
informasi awal
|
Awalnya saya membaca teori belajar Gagne pada bab 5.
|
2. Mengidentifikasi
representasi pengetahuan
|
Kemudian mengidentifikasi subteori yang cocok saya
gunakan pada saat observasi.
|
3. Mengimplementasikan
teknik untuk memunculkan pengetahuan
|
Kemudian membuat pedoman observasi sesuai dengan
teori yang saya gunakan. Pedoman ini berguna untuk membantu mendapatkan
pengetahuan tentang sistem pembelajaran di kelas yang akan diobservasi
|
4. Menganalisis
dan memverifikasi data
|
Kemudian menganalisis teori apakah sesuai dengan
data yang didapat melalui observasi
|
5. Memformat
hasil untuk digunakan
|
Kemudian membuat format hasil observasi yang
dapat digunakan untuk mengetahui apakah sistem pembelajaran di kelas tersebut
sesuai dengan teori pembelajran Gagne.
|
Testimoni
Terjun langsung ke lapangan untuk mengobservasi proses belajar mengajar pada Sekolah Tritech merupakan pengalaman yang menarik bagi saya. Dari sini saya dapat melihat keaktifan bertanya siswa dan kemajuan alat yang digunakan pada proses belajar mengajar. Hanya saja alat-alat tersebut masih kurang berfungsi secara baik. Contohnya saja, siswa tidak langsung mempraktekan pelajaran mereka pada laptop yang sudah tersedia di depan mereka. Laptop tersebut dibiarkan menganggur begitu saja. Tapi sayang, saya tidak mengobservasi dari awal mulainya pembelajaran.
Terjun langsung ke lapangan untuk mengobservasi proses belajar mengajar pada Sekolah Tritech merupakan pengalaman yang menarik bagi saya. Dari sini saya dapat melihat keaktifan bertanya siswa dan kemajuan alat yang digunakan pada proses belajar mengajar. Hanya saja alat-alat tersebut masih kurang berfungsi secara baik. Contohnya saja, siswa tidak langsung mempraktekan pelajaran mereka pada laptop yang sudah tersedia di depan mereka. Laptop tersebut dibiarkan menganggur begitu saja. Tapi sayang, saya tidak mengobservasi dari awal mulainya pembelajaran.
2 komentar:
udah d perbaikin...
weleeh...
binguuung...
Posting Komentar