Fungsi Umum dan Perspektif Teori Belajar

Fungsi
Contoh
Sebagai kerangka riset
Sesuai hasil riset hukum belajar thorndike, saya mempelajari bahwa apabila saya melanggar lampu lalu lintas maka saya akan tertabrak atau ditilang oleh polisi.
Memberikan kerangka organisasi untuk item-item informasi
Sewaktu SD saya pernah bertanya sama mama, kenapa ada orang yang sakit karena digigit nyamuk tapi kenapa saya gak sakit padahal sering digigit nyamuk. Kemudian mama bilang jenis nyamuk yang gigit itu berbeda dan kekebalan tubuh seseorang itu berbeda.
Mengidentifikasi sifat dari peristiwa yang kompleks
Dulu saya bingung kenapa buah apel jika sudah dikupas dan dibiarkan beberapa saat akan berubah warna menjadi coklat. Ternyata hal itu terjadi karena telah terkontaminasi oleh udara.
Mereorganisasi pengalaman sebelumnya
Pengalaman pertama saya menggunakan power point hanyalah mengetik saja. Namun, sekarang saya sudah tau bagaimana mencari template yang bagus, dan bagaimana cara membuatnya lebih menarik.
Bertindak sebagai penjelasan kerja dari peristiwa
Saya awalnya bingung kenapa wayar bisa menyebabkan kebakaran. Namun, ayah menjelaskan bahwa wayar tersebut mengandung listrik di mana listrik tersebut bisa menimbulkan api jika terjadi konslet.

           1.     Perspektif Behavioris
perspektif behavioris merupakan hasil dari penjelasan dari teori pengkondisian klasik, thorndike, dan pengkondisian operan.  Dalam contoh yang saya berikan saya menggunakan prinsip belajar thorndike yang fungsi umum dari belajarnya adalah sebagai kerangka riset. Bahwa perilaku melanggar lampu lalu lintas yang saya lakukan akan memberikan konsekuensi yang buruk pada saya. Hal ini sesuai  dengan riset dari teori belajar thorndike.

           2.      Perspektif kognitif
Perspektif kognitif merupakan hasil dari penjelasan dari teori gestalt, teori pemrosesan informasi, serta teori dan model motivasional. Dari contoh, saya menggunakan teori pemerosesan informasi yaitu Pengalaman pertama saya menggunakan power point hanyalah mengetik saja, tapi sekarang saya sudah tau bagaimana mencari template yang bagus dan bagaimana cara membuatnya lebih menarik. Dimana fungsi utama teori belajarnya adalah mereorganisasi pengalaman sebelumnya.

           3.      Perspektif interaksionis
Dalam perspektif ini merupakan hasil dari kondisi belajar Gagne dan teori kognitif sosial bandura. Dalam contoh, saya menggunakan prinsip belajar Gagne yang fungsi umumnya adalah memberikan kerangka organisasi untuk item-item informasi. Yaitu sewaktu SD saya pernah bertanya sama mama, kenapa ada orang yang sakit karena digigit nyamuk tapi kenapa saya gak sakit padahal sering digigit nyamuk. Kemudian mama bilang jenis nyamuk yang gigit itu berbeda dan kekebalan tubuh seseorang itu berbeda. Dari pengalaman ini saya mulai dari diversitas kapabilitas manusia, proses pemorolehan kapabilitas, dan terakhir adalah langkah-langkah dalam pembelajaran yang mendukung setiap langkah dalam belajar. Hal ini sesuai dengan komponen belajar Gagne.

           4.      Teori perkembangan interaksionis
Perspektif ini merupakan hasil dari teori perkembangan kognitif Piaget dan teori kultural-historis Vygotsky.  Dalam contoh pengalaman saya, yaitu kenapa buah apel jika sudah dikupas dan dibiarkan beberapa saat akan berubah warna menjadi coklat dan ternyata hal itu terjadi karena telah terkontaminasi oleh udara, terjadi penjelasan yang kontradiktif terhadap kejadian perubahan warna apel pada saat kognitif saya masih kanak-kanak. Hal ini sesuai dengan teori belajar  Piaget. Dan fungsi umum teori belajar dari pengalaman saya adalah mengidentifikasi sifat dari peristiwa yang kompleks.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar: