Tugas Individu
PENGALAMAN
PRIBADI BERDASARKAN TEORI SKINNER
Skinner
mengidentifikasi tiga komponen belajar, yaitu stimulus diskriminatif (SD),
respons (R), dan stimulus penguat (Sreinf). Setiap stimulus yang
secara konsisten hadir ketika respons menghasilkan penguatan adalah stimulus
diskriminatif. Di dalam riset Skinner
mengindikasikan bahwa keluaran (outcome)
yang dihasilkan oleh suatu respons adalah peristiwa penting yang mengubah perilaku.
Dari
teori diatas dapat dikaitkan dengan pengalaman saya. Dulu setiap saya mendapat
juara di kelas, saya akan mendapatkan hadiah dari orang tua. Awalnya, orang tua
saya tidak memberikan janji akan memberikan hadiah kepada saya. Setelah
pengumuman di kelas dan saya mendapatkan juara, orang tua saya langsung
memberikan hadiah. Dari situ saya belajar, setiap kali saya mendapat juara
kelas maka saya akan memperoleh hadiah. Oleh karena itu, saya akan belajar
keras untuk meraih juara kelas agar mendapatkan hadiah tersebut.
Jika
dijelaskan dengan teori skinner, maka juara di kelas merupakan stimulus
diskriminatif. Belajar keras merupakan respon yang saya lakukan. Dan hadiah
dari orang tua merupakan stimulus penguat. Hal ini sesuai dengan defenisi
belajar menurut Skinner, yaitu belajar sebagai perubahan perilaku. “Belajar
bukan melakukan, belajar adalah mengubah apa yang kita lakukan”.
0 komentar:
Posting Komentar