Tugas Individu



PENGALAMAN PRIBADI BERDASARKAN TEORI SKINNER

Skinner mengidentifikasi tiga komponen belajar, yaitu stimulus diskriminatif (SD), respons (R), dan stimulus penguat (Sreinf). Setiap stimulus yang secara konsisten hadir ketika respons menghasilkan penguatan adalah stimulus diskriminatif.  Di dalam riset Skinner mengindikasikan bahwa keluaran (outcome) yang dihasilkan oleh suatu respons adalah peristiwa penting yang mengubah perilaku.
Dari teori diatas dapat dikaitkan dengan pengalaman saya. Dulu setiap saya mendapat juara di kelas, saya akan mendapatkan hadiah dari orang tua. Awalnya, orang tua saya tidak memberikan janji akan memberikan hadiah kepada saya. Setelah pengumuman di kelas dan saya mendapatkan juara, orang tua saya langsung memberikan hadiah. Dari situ saya belajar, setiap kali saya mendapat juara kelas maka saya akan memperoleh hadiah. Oleh karena itu, saya akan belajar keras untuk meraih juara kelas agar mendapatkan hadiah tersebut.
Jika dijelaskan dengan teori skinner, maka juara di kelas merupakan stimulus diskriminatif. Belajar keras merupakan respon yang saya lakukan. Dan hadiah dari orang tua merupakan stimulus penguat. Hal ini sesuai dengan defenisi belajar menurut Skinner, yaitu belajar sebagai perubahan perilaku. “Belajar bukan melakukan, belajar adalah mengubah apa yang kita lakukan”.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar: