Tugas Individu
Review Jurnal
Judul Penelitian : Prinsip-Prinsip Kognitif Pembelajaran
Multimedia: Peran Modality dan Contiguity Terhadap Peningkatan Hasil Belajar
Instansi : Fakultas Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam
Negerin (STAIN) Palu
Abstrak :
Penelitian eksperimen ini untuk mengamati prinsip-prinsip kognitif
pembelajaran multimedia, yaitu peran modalitas dan kedekatan dalam meningkatkan
hasil belajar. Maksud dari hasil pembelajaran ini diuji dengan menggunakan retention test, transfer test and matching
test. Pelaksanaan eksperimen terdiri dari empat kelompok, kelompok N
(Narasi), kelompok TI (Teks Terpadu), kelompok ST (Dipisahkan Teks) dan
kelompok kontrol. Subyek penelitian adalah 120 siswa dan siswi dari 19-21
tahun, semester II dan IV, tahun akademik 1999-2001 dari Departemen Pendidikan Kurikulum
dan Teknologi, Departemen Pendidikan Administrasi, Departemen Pendidikan Luar
Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, UNY, Yogyakarta.
Hasil ini menunjukkan penerimaan atas hipotesis penelitian yang
menyebutkan ada perbedaan hasil belajar pada semua aspek (retensi, transfer dan
matching) antara mahasiswa yang diberi prinsip - prinsip pembelajaran
yang menggunakan spatial contiguity dan modality dengan mereka
yang tidak diberi prinsip pembelajaran seperti itu.
Keywords :
cognitive, learning, multimedia, modality, and contiguity
Latar Belakang Penelitian :
Masyarakat Indonesia sekarang tengah memasuki era dimana seluruh
aspek kehidupan sosial, ekonomi, politik, budaya, dan pendidikan diwarnai oleh perkembangan
teknologi informasi. Di bidang pendidikan, fokus pengajaran sekarang ini adalah
bagaimana penyampaian pelajaran bisa berjalan efektif dengan menggunakan
teknologi informasi.
Hasil penelitian Mousavi dan Sweller (1995), menunjukkan bahwa
sumber-sumber informasi yang beragam menghasilkan muatan kognitif yang besar,
kapasitas kognitif yang efektif bisa ditingkatkan bila digunakan audio dan
visual.
Metode penelitian :
Penelitian ini
menggunakan metode eksperimen yang dibagi menjadi 4 kelompok, yaitu: 1)
kelompok N (narration); 2) kelompok IT (integrated text); 3)
kelompok ST (separated text); dan 4) kelompok kontrol; dimana
masing-masing kelompok berjumlah 30 mahasiswa. Usia subjek dalam penelitian ini
adalah 19-21 tahun.
Hasil Penelitian :
Hasil ini menunjukkan penerimaan atas hipotesis penelitian yang
menyebutkan ada perbedaan hasil belajar pada semua aspek (retensi, transfer dan
matching) antara mahasiswa yang diberi prinsip-prinsip pembelajaran yang
menggunakan spatial contiguity dan modality dengan mereka yang
tidak diberi prinsipprinsip pembelajaran seperti itu.
Penelitian ini membuktikan bahwa hasil belajar terlihat lebih baik
apabila materi audio dan visual (narration) disajikan secara bersamaan
karena kapasitas working memory dapat ditingkatkan. Hal ini membuktikan
bahwa dengan menggunakan modality dalam belajar melalui multimedia dapat
meningkatkan hasil belajar. Hasil belajar juga terlihat lebih baik apabila
informasi visual disajikan dalam bentuk teks yang menyertai gambar secara dekat
(integrated teks) daripada teks dan gambar yang terpisah (separated
teks), karena kedua sumber visual tidak dipisahkan secara spatial
sehingga kedua informasi dapat diakses secara bersamaan. Terbukti bahwa
dengan menggunakan spatial continguity dalam belajar melalui multimedia,
dapat meningkatkan hasil belajar.
Kesimpulan :
1. Siswa yang diberi prinsip-prinsip pembelajaran dengan menggunakan modality
(yaitu pola narration) dan spatial contiguity (yaitu pola integrated
text dan separated text) hasil belajar retensi, transfer dan matching
lebih baik dibandingkan siswa yang tidak diberi prinsip-prinsip
pembelajaran tersebut
2. Siswa dalam kelompok N (narration) lebih baik hasil
belajarnya dibandingkan dengan siswa dalam kelompok IT (integreted text)
3. Siswa dalam kelompok IT (integreted text) lebih baik hasil
belajarnya dibandingkan dengan siswa dalam kelompok ST (separated text).
Klik di sini Jurnal Kognitif
0 komentar:
Posting Komentar