Tugas Individu


Review Jurnal

Judul Penelitian           : Prinsip-Prinsip Kognitif Pembelajaran Multimedia: Peran Modality dan Contiguity Terhadap Peningkatan Hasil Belajar
Instansi                 : Fakultas Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negerin (STAIN) Palu
Abstrak                         :
Penelitian eksperimen ini untuk mengamati prinsip-prinsip kognitif pembelajaran multimedia, yaitu peran modalitas dan kedekatan dalam meningkatkan hasil belajar. Maksud dari hasil pembelajaran ini diuji dengan menggunakan retention test, transfer test and matching test. Pelaksanaan eksperimen terdiri dari empat kelompok, kelompok N (Narasi), kelompok TI (Teks Terpadu), kelompok ST (Dipisahkan Teks) dan kelompok kontrol. Subyek penelitian adalah 120 siswa dan siswi dari 19-21 tahun, semester II dan IV, tahun akademik 1999-2001 dari Departemen Pendidikan Kurikulum dan Teknologi, Departemen Pendidikan Administrasi, Departemen Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, UNY, Yogyakarta.
Hasil ini menunjukkan penerimaan atas hipotesis penelitian yang menyebutkan ada perbedaan hasil belajar pada semua aspek (retensi, transfer dan matching) antara mahasiswa yang diberi prinsip - prinsip pembelajaran yang menggunakan spatial contiguity dan modality dengan mereka yang tidak diberi prinsip pembelajaran seperti itu.

Keywords                       : cognitive, learning, multimedia, modality, and contiguity

Latar Belakang Penelitian     :
Masyarakat Indonesia sekarang tengah memasuki era dimana seluruh aspek kehidupan sosial, ekonomi, politik, budaya, dan pendidikan diwarnai oleh perkembangan teknologi informasi. Di bidang pendidikan, fokus pengajaran sekarang ini adalah bagaimana penyampaian pelajaran bisa berjalan efektif dengan menggunakan teknologi informasi.
Hasil penelitian Mousavi dan Sweller (1995), menunjukkan bahwa sumber-sumber informasi yang beragam menghasilkan muatan kognitif yang besar, kapasitas kognitif yang efektif bisa ditingkatkan bila digunakan audio dan visual.

Metode penelitian                  :
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang dibagi menjadi 4 kelompok, yaitu: 1) kelompok N (narration); 2) kelompok IT (integrated text); 3) kelompok ST (separated text); dan 4) kelompok kontrol; dimana masing-masing kelompok berjumlah 30 mahasiswa. Usia subjek dalam penelitian ini adalah 19-21 tahun.

Hasil Penelitian             :
Hasil ini menunjukkan penerimaan atas hipotesis penelitian yang menyebutkan ada perbedaan hasil belajar pada semua aspek (retensi, transfer dan matching) antara mahasiswa yang diberi prinsip-prinsip pembelajaran yang menggunakan spatial contiguity dan modality dengan mereka yang tidak diberi prinsipprinsip pembelajaran seperti itu.
Penelitian ini membuktikan bahwa hasil belajar terlihat lebih baik apabila materi audio dan visual (narration) disajikan secara bersamaan karena kapasitas working memory dapat ditingkatkan. Hal ini membuktikan bahwa dengan menggunakan modality dalam belajar melalui multimedia dapat meningkatkan hasil belajar. Hasil belajar juga terlihat lebih baik apabila informasi visual disajikan dalam bentuk teks yang menyertai gambar secara dekat (integrated teks) daripada teks dan gambar yang terpisah (separated teks), karena kedua sumber visual tidak dipisahkan secara spatial sehingga kedua informasi dapat diakses secara bersamaan. Terbukti bahwa dengan menggunakan spatial continguity dalam belajar melalui multimedia, dapat meningkatkan hasil belajar.

Kesimpulan                             :
1.   Siswa yang diberi prinsip-prinsip pembelajaran dengan menggunakan modality (yaitu pola narration) dan spatial contiguity (yaitu pola integrated text dan separated text) hasil belajar retensi, transfer dan matching lebih baik dibandingkan siswa yang tidak diberi prinsip-prinsip pembelajaran tersebut
2.   Siswa dalam kelompok N (narration) lebih baik hasil belajarnya dibandingkan   dengan siswa dalam kelompok IT (integreted text)
3.  Siswa dalam kelompok IT (integreted text) lebih baik hasil belajarnya dibandingkan dengan siswa dalam kelompok ST (separated text).

Klik di sini Jurnal Kognitif



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar: