Tugas Individu


Proses Pembelajaran Skinner


Pada pembelajaran hari ini, kami diberikan 3 stimulus, yaitu satu lembar kertas HVS, satu lembar kertas persegi panjang, dan satu lembar sertifikat secara mendadak. Kami disuruh untuk berkreasi dengan ketiga stimulus dan ditambah dengan sebuah pulpen.
Jika kejadian ini dikaitkan dengan teori Skinner maka kita bisa mengaitkannya dengan “elicited response” (respons yang dimunculkan), dimana ketika bu Dina memberikan ketiga stimulus tersebut, respons yang saya munculkan adalah bingung. Kemudian dikaitkan juga dengan “emmited response” (response yang dikeluarkan), yaitu saya langsung memanipulasi ketiga stimulus tersebut dengan menghasilkan tiga produk (Kertas yang dibentuk rumah, Voucher, dan sertifikat dengan nama).
Selain itu juga bisa dikaitkan dengan Stimulus diskriminatif, respons, dan stimulus penguat dari Skinner. Stimulus diskriminatif dalam kejadian ini adalah tiga stimulus yang diberikan. Respons yang dihasilkan adalah mengerjakan ketiga stimulus. Stimulus penguatnya adalah nilai yang diberikan dan juga reward yang diberikan oleh bu Dina.
Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa banyak pembelajaran dalam kegiatan sehari-hari yang tidak kita sadari dapat dikaitkan dengan teori Skinner. Berikut foto dari produk yang saya hasilkan:


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar: