Tugas Individu
Proses Pembelajaran Skinner
Pada
pembelajaran hari ini, kami diberikan 3 stimulus, yaitu satu lembar kertas HVS,
satu lembar kertas persegi panjang, dan satu lembar sertifikat secara mendadak.
Kami disuruh untuk berkreasi dengan ketiga stimulus dan ditambah dengan sebuah
pulpen.
Jika
kejadian ini dikaitkan dengan teori Skinner maka kita bisa mengaitkannya dengan
“elicited response” (respons yang
dimunculkan), dimana ketika bu Dina memberikan ketiga stimulus tersebut,
respons yang saya munculkan adalah bingung. Kemudian dikaitkan juga dengan “emmited response” (response yang
dikeluarkan), yaitu saya langsung memanipulasi ketiga stimulus tersebut dengan
menghasilkan tiga produk (Kertas yang dibentuk rumah, Voucher, dan sertifikat
dengan nama).
Selain
itu juga bisa dikaitkan dengan Stimulus diskriminatif, respons, dan stimulus
penguat dari Skinner. Stimulus diskriminatif dalam kejadian ini adalah tiga
stimulus yang diberikan. Respons yang dihasilkan adalah mengerjakan ketiga
stimulus. Stimulus penguatnya adalah nilai yang diberikan dan juga reward yang diberikan
oleh bu Dina.
Dari
penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa banyak pembelajaran dalam kegiatan sehari-hari
yang tidak kita sadari dapat dikaitkan dengan teori Skinner. Berikut foto dari produk yang saya hasilkan:
0 komentar:
Posting Komentar